Rabu, 21 September 2011

Misteri Huruf 'i' Pada Produk Apple

Share this article on :



Setiap produk yang diluncurkan Apple tak lepas dari huruf “i”. Apa makna huruf ini sehingga harus disematkan pada setiap nama produknya, mulai dari iMac, iPhone, iPod dan iPad.

Ketika pertama kali mengumumkan iMac pada 1998, Steve Jobs, yang saat itu masih menjadi bos Apple, mengatakan huruf “i” untuk internet dan Mac untuk Macintosh. Jadi perkawinan antara internet dengan produknya, jadilah iMac.

Namun, menurut Jobs, huruf “i” tak hanya mewakili untuk kata internet. Ada makna lain yang bisa diwakili huruf “i”, yakni individu, yang mengacu pada sifat pribadi dari komputer; menginstruksikan, sebagai komputer juga dimaksudkan untuk tujuan pendidikan, informasi, dan inspirasi.



Hingga kini, huruf “i” pun tak pernah pergi dari merek dagang berbagai produk Apple, dimulai dari iMac, iPhone, iPod dan iPad.

Kini, semua produk Apple selalu identik dengan huruf ‘i’ kecil. Karena itu, perusahaan itu beberapa kali membuat geger dunia IT dunia berkaitan dengan huruf ‘i’ tersebut. Misalkan saja, ketika Apple mengambil langkah taktis dengan mengamankan domain-domain yang ‘berbau’ mirip iThunes. Ada sekitar 16 domain yang diambil alih.

Di antaranya adalah irtunes.com, itiunes.com, itrunes.com, itubnes.com, itumnes.com, itunbes.com, ituneas.com, ituneds.com, itunesa.com, itunesl.com, itunres.com, itunwes.com, ituynes.com, iutunes.com, iytunes.com, oitunes.com.

Jika diperhatikan, domain-domain yang menjadi sasaran produsen iPhone dan iPad itu merupakan alamat situs yang kemungkinan bisa dikunjungi lantaran pengguna terselip ketika mengetik URL iTunes.
Apple memang sangat perhatikan pada website-website yang bisa merugikan mereka. Apple tidak segan-segan menggugat Website yang dianggap mendompleng nama besar mereka, atau web yang memakai salah satu nama produk Apple.

Baru-baru ini, Apple telah memenangkan sengketa untuk mengklaim situs iPod.com sehingga kepemilikan situs ditransfer ke Apple. Apple pertama kali mengajukan keluhan tentang iPod.com pada bulan Mei ke World Intellectual Property Organization.

Di tahun 2005 Apple juga dilaporkan membeli domain iPhone.com yang diperkirakan mencapai 1 juta dollar dari pengusaha bernama Michael Kovatch beberapa bulan setelah iPhone dirilis. Dan beberapa bulan belakang Apple juga diketahui telah membeli iPhone4.com dan WhiteiPhone.com dengan harga yang tidak diumumkan.

Di Maret 2010 perusahaan asal California itu sendiri sengaja melakukan gugatan terhadap produk DOPi karena, Apple berpendapat bahwa nama DOPi yang dieja terbalik iPod terlalu mirip dengan alat pemutar musik portabel mereka, yang telah menjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia.

Sayangnya Apple baru saja mendapatkan sebuah pukulan keras dari sebuah pengadilan yang mengetuk palu untuk menolak gugatannya terhadap sebuah produk yang menyematkan kata ‘i’ di merek DOPi. Pengadilan merek dagang itu membuktikan bahwa secara sah Apple tidak boleh melakukan monopoli terhadap produk yang berawalan atau berakhiran ‘i’.

1 komentar:

begitu besar maknanya huruf "i", terimakasih telah sharing

Poskan Komentar

 

Stats

Backlink

Backlinks
Site Search

Copyright © 2010 Hasimas | Sitemap | Follower | Mobile