Jumat, 10 Februari 2012

Biasakan 'Safely Remove' Sebelum Cabut Flashdisk

Share this article on :

Pernah ngalamin ga waktu kita mau 'Safely Remove' Flashdisk tapi ga bisa? Nah, itu karena ada proses yang masih berlangsung yang membutuhkan Flashdisk kita, atau mungkin juga karena virus.
Saya dari dulu terbiasa langsung cabut flashdisk setelah dipakai, padahal tau kalau mestinya harus di 'eject' dulu atau 'safely remove'. Tapi yah, karena malas dan lama² jadi kebiasaan.

Tapi barusan saya googling, dan menemukan satu artikel bahwa ternyata itu BERBAHAYA BUAT FLASHDISK KITA!


Apa bahayanya?


Pertama tentu saja Flashdisk kita bisa rusak. Kedua, ini yang paling bahaya buat seorang pelajar seperti saya, yaitu data² yang ada dalam flashdisk, ataupun yang akan disimpan di flashdisk tidak bisa dibuka! Itu gara² flashdisknya sering asal dicabut.

Lho, kenapa bisa begitu ?

Ini karena flashdisk membutuhkan listrik untuk proses write and read. Nah SAFELY REMOVE itu gunanya mematikan semua listrik yang mengalir ke Flashdisk. Jadi, waktu kita cabut, udah aman deh itu Flashdisk.

Kalau keseringan seperti itu, Flashdisk kita bisa konslet, dan kalo keseringan konslet paling parah sih Flashdisk kita bisa co.id

Terus, kalau sebabnya virus gimana?

Wah, ini nih yang susah. Sesusah mau 'Safely Remove' (saya sering ngalamin) , disini saya kasih 2 solusi :

1. Pakai Software
Ya, kita bisa menggunakan software semacam USB Safely Remove. Software ini membantu kita untuk men'safely remove' flashdisk ataupun hardisk portabel. Untuk link downloadnya, ini lagi proses upload....

Done! Here is it , for my beloved blog readers :) : http://goo.gl/v9Oul (uda full version + crack)

2. Shut Down Computer
Solusi ini bagi kita yang ga suka instal² software atau lagi kepepet banget. Pakai aja solusi ini, yaitu setelah menggunakan flashdisk, turn off, baru cabut deh. Tapi agak ribet juga sih, terutama kalo computernya masih mau dipake, apalagi kalo kompie lemot, bikin males restart² #curcol

Udah, segitu aja, semoga bermanfaat :)

NB: Sedikit sanggahan dari kawan blogger lain Mitos komputer: "Safely remove" = WAJIB

Terserah reader mau percaya yang mana, tapi kan lebih baik mencegah daripada mengobati ;)

72 komentar:

makasih gan atas infonya,,,,

makasih uda berkunjung :)

waduuh baru tahu saya ..
soalnya saya maen cabut aja biasanya .....

Haha...ternyata eh taernyata gitu yah, apalagi saya langsung maen cabut juga..

Owh jdi gtu yach bahayanya...???
Makasih bnyak infonya...!!!

Thanks sob, atas infonya

info yang menarik gan...:)ane jg sering lngsung cabut USB nya.. akhrnya jadi error...!!

perkenalkan.., saya helmi, dan sekarang kuliah di UII Yogyakarta

makasi buat info nya, tavi bener juga saya juga suka maen cabut aja kalou kelamaan, thanks salam kenal ja.

ILMU yng baru dari blog ini ...

tapi ada g cara khusus hapus virus di fb..

http://belovha.blogspot.com

http://alliallu.blogspot.com

bagus juga artikelnya!!!
salam kenal!!!
langsung dipelajari saja!!!
thanks!!!

ternyata hal yang sepele juga bisa berpengaruh negatif kalau seandainya kita asal-asalan,terimakasih buat infonya!!!

Setuju gan ,,,,banyak efeknya rupanya cabut langsung,,,

ane mah jarang di safty remove gan, kelamaan si.

oooohhh jadi itul toh alesannya...
makasih yach udah mau berbagi...

setelah baca artikel ini ane sekarang akan mulai waspada aahhh dalam mecabut flashdisk

wah bahaya juga ya, padahal ane sering tuh ngelakuin kaya gitu.

owh, baru tau saya sob,, hahaha

makasi infonya. berguna banget.
btw, flashdisk ane lagi bermasalah ni gan.
'usb device not recignized'
gtw deh, apakah efek asal cabut flashdisk dari PC atau bukan.
mohon bantuan solusinya dong.
makasi :)

coba pindah port bro :)

kalo pake nya hp gimana bro???
apa hp nya bisa rusak?

oh gtu yah...
saya sering bro cabut flashdisk tanpa di safely remove..
terimakasih info nya...

artikel yang bagus nih...
terimakasih sudah berbagi ilmu nya.

ok gan..mulai sekarang akan saya biasakan safely remove sebelum mencabut nya...
terimakasih telah berbagi pengetahuan nya.

makasih banget nih kawan atas informasinya.....
mulai sekarang ane akan lebih berhati-hati dech.....

info bgus gan,, hati2 buat yg asal cabut flashdisk nya...

y betul,cara yang baik sekali

mungkin hal ini sering kita anggap sepele yah gan..

hal yang kita anggap biasa saja ternyata bisa memberi pengaruh besar juga yah gan..

Thanks for info ..

Meskipun Safety Remove ky'a ribet tp kl d pkir2 efek yg d timbulin kl ga qta lakuin lbh ribet gy
jd lbh baik ttp jlnin sesuai prosedur aja biar aman,,,,
thx yaa sarannya... :)

sippp dah... mkasih lho dah bagi tips nya...

oo jdi begtu ya... lumayan bahaya ya

abis baca tipsnya ane jadi ngerti..jd jangan main cabut USB sembarangan ya jika blm di safety remove!

begitu ya? sekarang ane harus hati2 cabut usb biar tetap aman..

saya udah jarang pake fd, seringnya pake memory card di hape. Saya juga dulu waktu pertama kali punya fd suka langsung cabut, pantes aja gampang kena virus heheh

wah.. untng aj q msti reject tuh fd.. thx infox gan..

untung saya selalu reject.. :D

bener nih info...

DI EJECTT gitu kan gan ?? hihi iya alhamdulillah sudah menjadi kebiasaan :)


Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya



Salam kenal dan sukses slalu

thanks,pantesa flsdiskku cepet rusak

wah sangat bermanfa'at

saya sering tuh ga bisa di safely remove. masa harus shut down sih gan ? software juga ga ada.. soalnya pake komputer kampus

iya nih bener" harus disafely remove.keseringan flashdisk ane rusak gara" sembarang nyabutnya

wah kalo gini ane mesti hati" deh nyabutnya.thanks infonya gan

gua udah kebiasaan cabut colok tapi kok gak rusak ya?.

Kalau tidak di safely remove data bisa hilang dan flash disk tak bisa diformat

atau file jadi corrupt

mencabut flash disk memang tidak boleh langsung mencabut nya..harus di safely remove dulu.

bisa bahaya juga yah kalo kita asalah cabut aja..
thanks info nya.

ternyata tidak masalah yah gan kalo mencabut flash disk setelah komputer mati.

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

ya pengalaman saya sering langsung cabut, flashdisk saya gak tahan lama. thx atas infonya

trims infonya, akan saya ikuti petunjuknya

terimakasih infonya., info motogp mampir kesini ya : http://motogp.unsri.ac.id/

terimakasih atas infonya



salam kenal

bagus infonya ,, saya tunggu info menarik lainnya

good info gan.. makasih banget.. very very berguna pokoknya..

artikelnya bermanfaat mas..
makasih gan

terimakasih buat informasinya!!!saya juga lagi nyari lagu,memang keren,,, good luxor
mantap dehh gan

Terimakasih untuk informasi dan kolom komentarnya gan, ijin share semoga bermanfaat http://goo.gl/P2Vmz0

Wahh Blog ini sangat bermanfaat sekali dan dapat menambah pengetahuan saya.
saya akan selalu melihat info terupdate di blog ini.
dan terimakasih atas infonya
silakan silakan kunjungin blog saya www.168sdbet.com

Info Yang Sangat Menarik Bagi Kita Semua
Salam Sukses

Wah untung dari dulu saya sudah diajarkan sama guru les privat saya untuk selalu safety remove sebelum cabut flasdisk, katanya sih kalo ga bisa bikin rusak data di dalamnya

Saya juga selalu menerapkan hal ini, baik untuk flasdisk yang masuk ke komputer, laptop ataupun mesin fotocopy biar aman dan tidak rusak

Thanks for
tips and information
https://www.facebook.com/Mengatasikeputihanalami/
https://www.facebook.com/Jamukuat08562806220/?ref=un_c
https://www.facebook.com/jualperangsangwanitaalami/?ref=un_c
https://www.facebook.com/hargavimaxcanada/

Kalau di komputer kantor kadang ada aja yang kelupaan cabut USB setelah safely remove, hehe.. Kalau kita googling di internet, banyak artikel yang bahas soal kerusakan yang bisa ditimbulkan kalau lupa safely remove flashdisk USB dari komputer atau laptop kita.

Poskan Komentar

 

Stats

Backlink

Backlinks
Site Search

Copyright © 2010 Hasimas | Sitemap | Follower | Mobile